terkini

Stadion Swalas Gunaq Bakal Di Kelola UPT

Selasa, 04 Agustus 2020, 10:00:00 AM WIB Last Updated 2020-08-04T02:00:31Z






Kadariah SPd SD, Kasi Promosi Olahraga Dispora Kubar ( Dok-EY)


Stadion Swalas Gunaq Bakal Dikelola UPT

Beritakubar.com, Kutai Barat - Unit Pelaksana Teknis (UPT) direncanakan akan dibentuk sekaligus menjadi pengelola Stadion Swalas Gunaq yang berlokasi di Jalan Sendawar Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Kondisi stadion yang belum 100 persen itu, kembali menjadi sorotan publik. Sehingga, membuat aset pemerintah tersebut rentan menjadi tempat tindak asusila. Akhirnya banyak pihak yang menyayangkan kondisi stadion kebanggan Persikubar (Persatuan Sepak Bola Kutai Barat) yang turut menyerap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dalam pembangunanya.

Banyak fasilitas dan sarana prasarana yang terlihat memprihatinkan. Bahkan, perlu dilakukan perawatan serta perbaikan. Kepada media ini, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) selaku pengelola aset milik daerah itu pun mengaku kewalahan. "Makanya kami usulkan melalui draf rencana kerja pembentukan UPT sebagai pihak ketiga dalam mengelola stadion serta fasilitas olahraga lainnya," kata Kasi Promosi Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kadariah kepada Beritakubar.com.

Mengenai opsi-opsi pengelolaan, pemerintah yakin tak akan jadi ganjalan bagi pihak ketiga untuk mengelolanya. Pasalnya, dari sisi teknis seperti lapangan, ruang ganti, dan fasilitas lain dengan stadion yang mampu menampung ribuan penonton ini untuk menggelar pertandingan.

"Tahun ini anggaran perawatan dan pemeliharaan memang ada, tapi tidak banyak. Namun, anggaran kita dipotong 50 persen gara-gara korona," ungkapnya.

Dirinya menepis jika stadion kebanggaan Swalas Gunaq bukan tidak diperhatikan, tapi terbentur anggaran. Oleh sebab itu, usulan pembentukan UPT segera disetujui Bupati Kubar FX Yapan. "Kalau sudah terbentuk, pegawainya nanti diambil dari Dispora Kubar," tandasnya. (ERM/MAN)


Penulis: Erma Yunita
Editor : MAN
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Stadion Swalas Gunaq Bakal Di Kelola UPT

Terkini

Topik Populer