terkini

Peresmian Empakuq Jadi Kampung Tangguh Nusantara

Rabu, 05 Agustus 2020, 9:13:00 PM WIB Last Updated 2020-08-05T13:21:16Z


Empakuq Jadi Kampung Tangguh Nusantara, Bersama AKBP Roy Satya Putra. (Istimewa)

Beritakubar.com, Kutai Barat - Efek pandemi Covid-19 telah mengancam hampir semua sektor. Selain melumpuhkan kesehatan manusia, sektor ekonomi pun turut mati suri akibat virus asal Wuhan itu. Tak terkecuali juga sektor pendidikan. Dari semua sektor di atas, kini banyak pihak telah merasakannya.

Keberadaan beberapa kampung tangguh, kini sedang ramai dibincangkan. Beberapa daerah di Kaltim juga telah banyak terbentuk, karena dinilai banyak memberikan dampak positif dalam menekan penyebaran Covid-19.

Langkah itu juga dilakukan Polres Kutai Barat (Kubar), pada Selasa (04/08/2020). Kampung Empakuq Kecamatan Melak, kini resmi menjadi Kampung Tangguh Nusantara.

"Pembuatan kampung tangguh di Empakuq dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dan juga sebagai wujud kemandirian lingkungan," kata Kapolres Kubar, AKBP Roy Satya Putra di Balai Kampung Empakuq didampingi aparat kampung dan masyarakat.

Sebagai langkah kesiapan pembentukan Kampung Tangguh Empakuq, mereka  menghadirkan tim kesehatan dari Puskesmas Melak bersama dengan anggota Polres Kubar untuk melakukan rapid test kepada masyarakat.

Menurutnya kampung tangguh nusantara akan memiliki ketahanan dalam menghadapi kemungkinan kondisi terburuk dalam situasi pandemi COVID-19. Ketahanan dimaksud kata Roy meliputi ketahanan pangan, pendidikan, serta kesehatan.

"Semua yang terlibat dalam program ini harus lebih aktif meningkatkan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan, menjaga lingkungan dan kebersihan. Semuanya harus bersinergi demi mewujudkan kampung bebas Covid-19," tegas mantan Kapolres Paser itu.

Sementara itu, Kepala Kampung Empakuq Bernadus mengatakan akan mempersiapkan stok pangan khususnya sebagai pertahanan kampung selama masa pandemi. "Anggaran kampung yang tersedia untuk budidaya perikanan, pertemanan dan perkebunan kita pakai untuk persiapan pangan," jelasnya.


Untuk diketahui, pembentukan kampung tangguh, merupakan salah satu program Polri yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan kampung yang mampu bertahan di masa pandemi covid-19. Dalam program ini peran kampunglah yang sangat vital untuk mengedukasi kembali warganya untuk terus mematuhi anjuran protokol kesehatan pemerintah. Yakni, jaga jarak, memakai masker, sering mencuci tangan dengan hand sanitizer. (ree/bk/man)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peresmian Empakuq Jadi Kampung Tangguh Nusantara

Terkini

Topik Populer