terkini

Partisipasi Warga Tering Bergotong Royong Membantu Penyemblihan Hewan Qurba

Sabtu, 01 Agustus 2020, 10:46:00 AM WIB Last Updated 2020-08-01T02:46:11Z
Suasana Pemotongan Hewan Qurban ( Dok. SR)



Tingginya Antusias Berkurban, Warga Tering Seberang Lakukan Ini

Beritakubar.com, Kutai Barat - Perayaan Idul Adha tahun ini diatur sangat ketat. Setiap masjid diminta menerapkan protokol kesehatan. Tingginya antusiasme warga membuat momen keagamaan setahun sekali itu tetap terlaksana meski ditengah pandemi virus korona.

Hal itu dilakukan warga Tering Seberang, Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Jum'at (31/07/2020) pukul 10.00 Wita. Idul Qurban bagi umat Islam memiliki arti yang mendalam. Dimana prosesi ini diwariskan oleh dua Nabiyulloh, Ibrahim dan Ismail.

Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban, Zainuddin mengatakan, status hewan kurban dipastikan aman dan layak dikurban. "Total ada 12 hewan kurban terdiri dari 9 sapi dan 3 kambing. Alhamdulillah semuanya sudah layak untuk dikurbankan," kata Zainuddin ketika disambangi awak media berada di samping Masjid Jami' At- Taqwa Jalan Kapten Tahsin RT.001 Kampung Tering Seberang.

Dia menerangkan, pembagian daging kurban dilakukan dengan cara membagikan kupon kepada warga yang berhak mendapatkan. Jumlah hewan kurban tahun ini berlebihan. "Waktunya pun mepet untuk melaksanakan salat Jum'at. Makanya kita minta masyarakat berpartisipasi dalam pengambilan daging kurban," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 DPRD Kubar, Ahmad Syaiful menilai partisipasi warga menyikapi mekanisme perayaan hari raya kurban ditengah pandemi sangat luar biasa. Meski badai covid menyerang dunia. Juga melumpuhkan ekonomi sebagian negara.

Hari raya kurban diketahui, dimana umat Islam seluruh dunia menyembelih hewan sebagai salah satu ritual penyembahan kepada Allah SWT.

"Saat ekonomi sedang hancur begini masyarakat kita masih antusiasme untuk berqurban, meski harus berpatungan untuk membeli satu ekor sapi. Di sini (warga Tering) ada yang melakukan iuran sebanyak 7 orang untuk membeli satu ekor sapi. Akhirnya mencapai 21 orang untuk membeli 3 ekor sapi kurban," ungkap Haji Acong sapaan akrabnya.

Orang nomor dua DPRD Kubar itu juga mengajak masyarakat untuk tak patah semangat dalam memerangi dan mengakhiri pandemi Covid-19. Semangat Hari Raya Kurban menjadi pengingat. Agar kita giat bergotong royong, dengan tulus ikhlas berbuat yang bisa kita lakukan. Bersyukur hari ini pelaksanakan sholat Ied di masjid Jami At Taqwa berjalan lancar," pungkasnya.

Kepada para pihak yang terlibat dalam membantu kelancaran pelaksanaan momentum keagamaan ini, dia mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya. Kepada masyarakat kembali diimbau tetap tertib protokol kesehatan dengan memakai masker dan selalu mencuci tangan, juga menjaga jarak. (SR/MAN)




Penulis : Siti Regina

Editor : Lukman Hakim
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Partisipasi Warga Tering Bergotong Royong Membantu Penyemblihan Hewan Qurba

Terkini

Topik Populer