terkini

Menolak Punah, Komunitas 2 Stroke Sendawar Independent Kembali Hidupkan Populasi Motor 2 Tak

Lukman Hakim
Minggu, 09 Agustus 2020, 10:52:00 PM WIB Last Updated 2020-08-09T15:02:19Z
PROMOSIKAN OBJEK WISATA : Tampak anggota Komunitas 2 Stroke Sendawar Independent berfoto bersama di Wisata Air Sungai Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan, Kutai Barat, Minggu (09/08/2020) siang tadi.
MENOLAK PUNAH : Komunitas 2 Stroke Sendawar Independent bangkit untuk menghidupkan populasi 2 Tak di Kutai Barat. 

Beritakubar.com, Kutai Barat - Di era 80-an dan 90-an, sepeda motor di jalan raya banyak di dominasi mesin dua langkah atau 2 tak. Namun kini sepeda motor dengan jenis ini sudah jarang ditemukan bahkan sudah tidak diproduksi lagi.

Namun bagi sebagian komunitas pecinta motor 2 tak yang ada di Kutai Barat ini, justru ingin menghidupkan kembali populasi 2 tak di Tanaa Purai Ngeriman. Mereka untuk menolak punah.

Salah satu penggagas komunitas 2 tak, Doni mengatakan, mereka menggalang anggota yang dinamai 2 Stroke Sendawar Independent. Awalnya pengendara 2 tak belum terlalu ramai di Sendawar. Ia berinisiatif bersama anggota lainnya kumpul-kumpul melalui individu untuk membentuk perkumpulan motor bermesin dua langkah. " Waktu itu belum banyak pecinta 2 Tak dan hampir punah. Namun sekarang kita hidupkan lagi,” jelas dia.

Jumlah pengikut 2 Stroke Sendawar Independent saat ini kurang lebih 30an orang dan diprediksi terus bertambah. Kegiatannya baru kita realisasikan kopdar, juga saling barter pikiran.

"Hari ini touring perdana kita ke objek wisata sungai di Kampung Lakan Bilem. Ini juga salah satu tujuan perkumpulan kami, mengangkat potensi wisata lokal sebagai destinasi wisata," cetusnya.

Kelahiran kembali komunitas 2 Stroke Sendawar Independent ditandai dengan agenda touring melintasi objek wisata. Yakni wisata air sungai Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan, Kabupaten Kutai Barat.

Kemeriahan pun mulai terasa, pada saat aksi sosial dilakukan. Mereka juga membagikan masker gratis kepada petugas wisata, juga  beberapa pengunjung lainnya. "Walau tak bernilai lebih tapi manfaatnya sangat berguna ditengah pandemi Covid-19," ulasnya.

Mengambil titik awal di markas klub di Kelurahan Simpang Raya, para rider turut mendapat bekal pengarahan materi safety driving sebelum memulai acara. Rute yang dipilih rombongan adalah Barong Tongkok-Linggang Bigung hingga berakhir di Wisata Sungai di Kampung Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan.

Rencananya, mereka bakal adakan syukuran peresmian wadah penyuka 2 Tak, dan mengundang semua pengguna 2 tak untuk datang ke Kota Beradat. “Selain kopdar masal, kami akan buat agenda sosialisasi dan bakti sosial,” tandasnya. (man)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menolak Punah, Komunitas 2 Stroke Sendawar Independent Kembali Hidupkan Populasi Motor 2 Tak

Terkini

Topik Populer