terkini

LAK Kubar Imbau Masyarakat Bijak Gunakan Medsos

Selasa, 11 Agustus 2020, 8:33:00 PM WIB Last Updated 2020-08-11T12:33:59Z




Suasana Rapat Adat(Dok.EY)
BeritaKubar.com, Kutai Barat – Tanaa Purai Ngeriman ialah yang asri dan subur akan kentalnya adat istiadat. Tak ayal jika, organisasi masyarakat Khususnya Lembaga Adat Kabupaten ( LAK), Kutai Barat ( Kubar) agar bijak dalam bermedia social. Bahkan untuk wadah menjalin dan silaturahmi.

Dalam keterangan persnya kepada wartawan, Kepala Adat Besar Kubar, Minar Dimansyah Gamas selaku Ketua LAK Kubar meminta agar tidak saling menyinggung  melalui media sosial. Ini bertujuan untuk menghadiri kesalahpahaman yang dapat mengakibatkan permasalahan. Ia mengatakan itu saat berada di Lamin Adat Benuaq , Taman Budaya Sendawar ( TBS) , Sabtu (8/8/20)
“ Yang dimaksud perdamaian dalam bahasa suku Dayak disebut Rurant Perdamian artinya, setiap hal yang berpotensi bermasalah di masyarakat, hendaknya pihak adatlah yang harus mengambil sikap,” ujarnya

Lebih rinci dikatakannya, Ruran adat versi LAK Kubar, untuk mempersatukan dan mendamaikan kedua belah pihak. Dengan berakhir saling memaafkan atau berdamai.

“ Syukur saja permasalahan yang diakibatkan oleh postingan di facebook bisa diselesaikan dengan rasa kekeluargaan dan menjunjung tinggi Adat istiadat,” tukasnya

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat Paguyuban Sempekat Tonyoi Benuaq ( STB)  Kubar, Stevanus sangat mengapresiasi langkah LAK dan STB  dalam memfasilitasi persoalan tersebut. Ia berharap keputusan yang telah disepakati lewat adat menjadi perdamaian abadi.

Sedangkan mengenai persoalan hukum UU ITE, agar dilakukan dengan melakukan koordinasi kepada para pihak berwenang atau Polres Kubar.

“ Semoga keputusan Adat ini bisa menjadi salah satu cara meringankan dan mempermudah  yang bersangketa, jika ada urusan hukumnya dengan kepolisian,” tandasnya Stevanus mantan Ketua STB Kubar.(erm/bk/man)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • LAK Kubar Imbau Masyarakat Bijak Gunakan Medsos

Terkini

Topik Populer