terkini

Jaga Semangat Nasionalisme, Ini Cara Komunitas 2 Stroke Sendawar Independent bersama Agung Raya Rayakan HUT ke-75 RI

Lukman Hakim
Sabtu, 22 Agustus 2020, 8:54:00 PM WIB Last Updated 2020-08-22T12:55:24Z

Beritakubar.com, Kutai Barat - Pandemi Covid-19 ternyata tidak menyurutkan semangat untuk menjaga jiwa nasionalisme dengan tetap mengisi kemerdekaan. Buktinya, banyak kegiatan yang berjalan meskipun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) diperingati komunitas motor 2 Stroke Sendawar Independent dengan team balap motor Agung Raya Racing dengan serangkaian lomba yang identik menyambut acara 17 Agustus tiap tahunnya. Kali ini terselenggara di Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Kolaborasi dua wadah pecinta sepeda motor dua tak di Bumi Sendawar ini memanfaatkan momen kemerdekaan dengan menggelar berbagai lomba seperti panjat pinang, tarik tambang, makan kerupuk, memasukkan paku dalam botol, bawa kelereng dengan sendok, balap karung, tarik tambang dan goyang balon. Pelaksanaannya juga tal lepas dari protokol kesehatan.



"Acara ini sengaja digelar untuk memperingati HUT RI ke-75 dan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dikalangan pecinta otomotif,” kata panitia penyelenggara juga selaku pemilik team Agung Raya Racing, Salihudin kepada media ini.

Selain bertujuan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI, pria yang memiliki dua orang anak ini mengungkapkan, acara ini digelar juga untuk mempererat tali silaturahmi serta menumbuhkan kembali suasana merdeka dengan masyarakat ditengah pandemi.

"Ya kita sangat bersyukur dapat menggelar acara ini, meski hadiahnya tak begitu besar nilainya. Walau kecil-kecilan yang penting ada," tukas Sally sapaan akrabnya yang juga anggota 2 Stroke Sendawar Independent.



Dalam kesempatan yang sama, Doni selaku pencetus komunitas asap jahat 2 Stroke Sendawar Independent itu mengaku prihatin dengan kondisi republik tercinta saat ini yang belum usai dari wabah virus corona.

Dengan situasi seperti ini, lanjut dia, sudah sepatutnya jika komunitasnya harus turun membantu pemerintah untuk memerangi Covid-19. Terlebih, saat ini bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI dengan jargon Indonesia Maju.

“Kami ingin Covid-19 segera berlalu, lewat acara kecil kecilan ini setidaknya bisa kembali menumbuhkan rasa patriotisme serta jiwa nasionalisme ditengah wabah. Terpenting tetap patuh terhadap protokol kesehatan yang berlaku," ungkapnya.

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini secara tidak langsung mengajarkan manusia untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Seperti peduli kebersihan lingkungan, kesehatan, dan juga peduli dengan keadaan saudara-saudara yang terdampak Covid-19.




”Semoga dengan kegiatan yang kami buat ini dapat menjadi contoh untuk komunitas motor lainnya di Kubar, khususnya komunitas 2 tak. Jadi kita tidak hanya peduli pada deru mesin dan aspal. Kita juga harus mempedulikan banyak hal,” terangnya.

Adapun rincian kegiatan sebanyak 15 jenis perlombaan, terdiri dari 8 perlombaan untuk dewasa dan 7 perlombaan untuk anak-anak. Dengan hadiah sebanyak 15 trophy untuk juara pertama dan bingkisan.

Berdasarkan pantauan media ini, komunitas 2 Stroke Sendawar Independent juga turut andil dalam memeriahkan event Jalan Sehat dan Senam Sehat di Kampung Muara Beloan, Kecamatan Muara Pahu, pada Minggu (23/08/2020) di Alun Alun Kampung Muara Beloan. (man)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jaga Semangat Nasionalisme, Ini Cara Komunitas 2 Stroke Sendawar Independent bersama Agung Raya Rayakan HUT ke-75 RI

Terkini

Topik Populer