terkini

Dewan Soroti Dana Darurat Pendidikan Agar Tepat Sasaran

Meiria nursih danil
Sabtu, 08 Agustus 2020, 12:59:00 PM WIB Last Updated 2020-08-08T04:59:44Z
Potret Arkadius Elly SH Anggota Dprd Kubar (mey,nd)


Beritakubar.com, Kutai Barat - Ada angin segar bagi dunia pendidikan di Kutai Barat (Kubar), Pemkab Kubar telah menyiapkan anggaran sebesar 300 Miliar untuk penyelenggaraan pendidikan selama pandemik. 

Diketahui, dari pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang menjadi tulang punggung pendidikan selama masa pandemi, memang banyak memunculkan masalah. Beberapa persoalan tersebut di antaranya banyak siswa yang belum punya smart phone, keterbatasan dana untuk membeli kuota data, hingga tidak meratanya akses internet di sejumlah daerah.

Bupati Kubar FX Yapan mengatakan, pemerintah secara khusus telah menyediakan dana darurat pendidikan untuk memastikan para peserta didik mendapatkan hak-hak mereka selama masa pandemic Covid-19. "Dana sudah siap, tinggal dikelola saja," ujar Yapan. 

Dana darurat Pendidikan bisa digunakan untuk subsidi kuota data, pembelian smart phone untuk siswa, hingga menambah honorarium bagi para guru yang juga harus bekerja ekstra keras selama pembelajaran jarak jauh karena mereka harus melayani pertanyaan siswa di luar jam-jam kerja

Tak bisa dipungkiri bahwa, saat ini anggaran Covid-19 hanya menyentuh tiga bidang utama yakni penanganan kesehatan, penanggulangan dampak sosial, dan pemulihan ekonomi. Sedangkan Pendidikan belum tersentuh. 

Anggota DPRD Kubar, Arkadius Elly mewanti-wanti dinas pendidikan agar penyaluran ini dilakukan tepat sasaran, administrasinya mesti riil sesuai prosedur aturan. Sehingga bisa mempercepat penyelesaian masalah yang ada, seperti minimnya kuota internet bagi siswa sekaligus juga menjadi jawaban atas keluhan Presiden terkait rendahnya penyerapan Dana Covid-19

DPRD bersama pemerintah akan tetap berusaha melepas anggaran yang cukup dan fasilitas yang memadai agar dunia pendidikan Kubar bangkit kembali. "Pemerintah akan mengalokasikan anggaran lebih banyak jika perkembangan kasus semakin meningkat" ujar politis Partai Amanat Nasional itu saat ditemui wartawan, Selasa (04/08/2020).
(mnd/bk/man)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dewan Soroti Dana Darurat Pendidikan Agar Tepat Sasaran

Terkini

Topik Populer