terkini

Mencegah Radikalisme Dan Covid-19 Kodim Kutai Barat Gelar Komsos

Meiria nursih danil
Jumat, 17 Juli 2020, 11:51:00 AM WIB Last Updated 2020-07-17T04:38:47Z
Penyerahan Cendera Mata Oleh Dandim Inf. Anang Sofyan Efendi kepada Ketua Asosiasi Jurnalis Kutai Barat (AJK), Alfianur, Kamis (16/07/2020). Dok. Meiria Nursih Daniel

Beritakubar.com, Barong Tongkok - Keluaraga besar TNI wilayah Kodim 0912/KBR menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan awak media ,tokoh masyarakat dan petugas kesehatan di aula Kodim, Kamis (16/07/2020).

Selain untuk lebih terbuka kepada masyarakat acara ini juga diadakan untuk pembinaan tentang radikalisme.

Dandim inf letkol Anang Sofyan Efenddy mengatakan, bahwa sangat penting bagi kita untuk menyadari tentang radikalisme ,yaitu tentang ajakan-ajakan yang sesat atau melenceng dari norma sosial dan norma agama dan memberikan cara untuk mencegah radikalisme yaitu dengan lebih selektif memilih teman atau sebuah kumpulan /grup atau kelompok yang mengacu pada penistaan Agama, Ras dan Suku.

“Namun pada saat ini juga radikalisme bukan hanya terjadi di dunia nyata tapi juga di media sosial dan cara mencegahnya di dunia sosial adalah stop sebarkan berita bohong atau HOAX jika belum tahu kebenarannya dan sumbernya ,” ucap Anang Sofyan kemarin.

Selain itu acara ini juga dihadiri oleh sejumlah petugas kesehatan, mereka memberikan penyuluhan tentang covid-19 bahwasanya kini virus itu telah bermutasi yaitu dengan munculnya gejala-gejala baru seperti ruam-ruam merah di kulit, disertai flu dan batuk yang tak berkesudahan . Dan hasil otopsi yang dilakukan WHO terhadap pasien yang meninggal terpapar covid-19 menunjukan hasil yang mencengangkan.

Ternyata covid-19 bukan hanya menggangu pernapasan namun juga menggangu peredaran darah sehingga menyebabkan tersumbat aliran darah sehingga darah menggumpal itu masuk ke dalam paru-paru dan menyebabkan hilangnya kemampuan bernapas pasien dan akhirnya meninggal.

“Tidak perlu panik dan harus selalu menjaga kebersihan , selama kita mengikuti protokol kesehatan kita akan mengurangi resiko penyebaran covid-19,” papar Dokter Dwi Akbarina Yahya.

“ tentang hidup baru menuju New Normal yaitu tetap memakai masker ,menjaga jarak dan mencuci tangan. Karna meskipun kita sudah bisa beraktivitas seperti biasa namun protokol kesehatan harus tetap kita jalankan," tutup Dokter cantik ini.(MND/BK)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mencegah Radikalisme Dan Covid-19 Kodim Kutai Barat Gelar Komsos

Terkini

Topik Populer