terkini

Berkomitmen Serius Atasi Ancaman Karhutla

Meiria nursih danil
Kamis, 30 Juli 2020, 5:29:00 PM WIB Last Updated 2020-07-30T09:29:50Z


BeritaKubar.com, Kutai Barat - Memasuki musim kemarau tahun ini Kodim 0912 Kubar menggelar apel kesiapsiagaan dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kutai Barat. Lintas instansi pun terlibat untuk mengetahui sejauh mana kesiapan penanganan Karhutla di Bumi Tanaa Purai Ngeriman tersebut.

Kegiatan apel kesiapsiagaan tersebut di gelar dilapangan apel Makodim 0912 Kubar, Jalan Gajah Mada, Barong Tongkok, Kamis (30/7/2020) pukul 09.00 WITA dipimpin oleh Dandim 0912/KBR Letkol Inf Anang Sofyan Effendy.

Apel diikuti Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra, Kepala Dinas Kehutanan H Amrullah, Kepala Pelaksana BPBD Kubar Jenton dan Kepala Satpol PP Nadisius.

Dalam pidatonya komandan distrik militer Kubar itu menerangkan, tujuan apel ini adalah untuk memantapkan persiapan  dalam menanggulangi ancaman bencana Karhutla. Faktor alam dengan perubahan kondisi biogeofisik, pemanasan global dan perubahan iklim degradasi sumber daya alam dan lingkungan banyak menimbulkan fenomena alam. "Ada satu bencana yang disebabkan lantaran kekeringan atau kemarau panjang yakni Karhutla dan El-Nino," kata Anang.

Menurut dia, kompleksitas dari permasalahan bencana tersebut memerlukan penataan yang matang untuk menanggulanginya serta kesiapsiagaan dalam menghadapi kondisi cuaca dan perubahan musim, agar dapat mengatasi bencana yang terjadi.

Terakhir, dia kembali menegaskan untuk menjaga kekompakan semua elemen dalam menjaga wilayah dari ancaman bencana alam khususnya karhutla. Dengan mengedepankan edukasi masyarakat terhadap bahaya karhutla, apalagi saat warga melakukan pembukaan lahan untuk pertanian maupun lainnya. (MND/BK/MAN)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Berkomitmen Serius Atasi Ancaman Karhutla

Terkini

Topik Populer