terkini

Terapkan Langkah Preventif, Ini Dilakukan Pemerintah Atasi Penyebaran Covid-19

Lukman Hakim
Kamis, 02 April 2020, 11:09:00 PM WIB Last Updated 2020-04-02T15:15:06Z
PERKETAT : Salah satu petugas kesehatan mengecek suhu tubuh orang yang masuk ke Kubar menggunakan jalur sungai, di Posko Penanganan Virus Corona Dermaga Penyinggahan.

Beritakubar.com, Kutai Barat - Beberapa kabupaten/kota di wilayah Indonesia tengah meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona (Covid-19), guna mengantisifasi virus tersebut Pemkab Kutai Barat (Kubar) menerapkan langkah-langkah preventif.


Salah satunya, membuat dua posko penanganan virus corona yakni, jalur darat di Puskesmas Jambuk Kecamatan Bongan dan jalur Sungai, di Dermaga Penyinggahan.

Hal ini memperketat pemeriksaan orang (manusia) di pintu masuk darat dan sungai perbatasan antara Kabupaten Kubar dan Kabupaten Kutai Kartanegara. “Kedua posko tersebut, sudah berjalan,”kata Bupati Kubar FX Yapan, Senin (30/3).

AWASI JALUR SUNGAI

Kepala Dishub Kubar Rakhmat menambahkan sejak berjalannya posko penanganan corona tersebut untuk jalur darat. Yakni, pada 19 Maret sampai 23 Maret 2020, orang (manusia) yang masuk dan keluar Kubar jumlahnya berangsur menurun.

Diketahui, pada hari pertama, Kamis (19/3) jumlah orang diperiksa 676 orang dan kendaraan 154 unit. Hari kedua, meningkat 192 orang atau menjadi 868 orang dan kendaraannya pun meningkat 252 unit. Hari ketiga, meningkat kembali 345 orang atau menjadi 1.213 orang dan kendaraan meningkat juga 361 unit.

Kemudian, di hari keempat menurun 36 orang atau menjadi 1.177 orang dan kendaraan menurun 316 unit. Di hari kelima atau pada 23 Maret 2020, jumlahnya orang yang diperiksa menurun kembali dari 293 orang atau menjadi 884 orang. “Sedangkan kendaraan yang didata berjumlah 503 unit,”rinci Rakhmat, Selasa (31/3).

Pemeriksaan juga dilakukan kepada pelaku perjalanan yang melewati jalur darat, di Posko Penanganan Covid-19 di Kampung Jambuk, Kecamatan Bongan.

Total 4.818 orang yang diperiksa selama lima hari itu, rata-rata dari warga yang berdomisili (KTP), di wilayah Kabupaten Kubar dan Kabupaten Mahakam Ulu. “Salah satunya, anak-anak yang kuliah di luar Kubar atau di luar Kaltim dan warga Kubar berpegian keluar Kubar,”ujarnya.

Camat Penyinggahan Masranik mengatakan untuk posko penanganan virus corona untuk jalur sungai atau tepatnya di Dermaga Penyinggahan. Dari jumlah orang yang diperiksa yang masuk Kubar. Diantaranya, penumpang kapal motor, perahu ketinting dan speedboat menurun.

Diketahui, hasil screening pendatang beberapa kampung wilayah Kecamatan Penyinggahan, di enam tempat dengan total 318 orang. “Terdiri Dermaga Penyinggahan, Puskesmas Penyinggahan, Pasar Malam, Puskesmas Pembantu (Pustu) Minta dan Pustu Loa Deras,”terangnya. (man) 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Terapkan Langkah Preventif, Ini Dilakukan Pemerintah Atasi Penyebaran Covid-19

Terkini

Topik Populer