terkini

Siapkan Tiga Lokasi untuk Karantina Pasien Corona, Ini Tempatnya?

Lukman Hakim
Minggu, 05 April 2020, 9:44:00 AM WIB Last Updated 2020-04-05T06:34:51Z

DIBERSIHKAN : Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar tengah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk karantina pasien Covid-19, di Kubar. (Foto/Infokubar)

Beritakubar.com, Kutai Barat - Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menyiapkan opsi lokasi-lokasi isolasi pasien virus corona (Covid-19) sebagai antisipasi terjadinya lonjakan pasien positif di wilayah itu, menyusul tes cepat (rapid test) corona melalui metode dari pintu ke pintu.

"Kita sudah siapkan 3 tempat khusus untuk karantina pasien terduga corona. Pertama adalah RSUD Harapan Insan Sendawar, kemudian Rumah Sakit Pratama Linggang Mapan dan Asrama Paskibraka," terang Bupati FX Yapan saat acara jumpa pers, kemarin (4/4/2020).

Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar

Sejauh ini langkah antisipasi lonjakan pasien itu telah diterapkan pemerintah daerah seperti menyiapkan sejumlah fasilitas sarana dan prasarana medis dan Posko Covid-19 di sejumlah titik yang ditentukan.

Bangunan Mess Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kubar atau biasa digunakan sebagai asrama paskibraka pada saat latihan. (Foto : Infokubar)

Sedangkan pasien sedang dalam pengawasan saat ini, kata Yapan, akan terus dipantau perkembangan kesehatannya. Bahkan, ia berharap, tidak ada lagi pasien bertambah di Kubar. "Meski sudah tersedia lokasi untuk karantina pasien, saya harap tempat itu tidak terpakai. Masyarakat jangan panik, tapi tetap waspada," imbau suami dari Yayuk Sri Rahayu itu, di rumah jabatannya kompleks perkantoran bupati.

Rumah Sakit Pratama Linggang Mapan

Kepada wartawan, Kepala Dinas Kesehatan Kubar, Rita Wati Sinaga menyebutkan, saat ini RSUD Harapan Insan Sendawar menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Kaltim, dalam penanganan pasien Covid-19, khususnya di Kutai Barat. "Bukan hanya warga Kubar, tapi juga melayani pasien dari Kabupaten Mahakam Ulu. Oleh sebab itu, kita fungsikan RS Pratama di Linggang Mapan," imbuh Rita. (man)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Siapkan Tiga Lokasi untuk Karantina Pasien Corona, Ini Tempatnya?

Terkini

Topik Populer