terkini

Waspadai Covid-19, Gelar Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan

Jumat, 06 Maret 2020, 10:58:00 PM WIB Last Updated 2020-03-06T14:58:12Z
Rapat koordinasi kesiapsiagaan Covid-19 yang digelar pada Jumat (6/3/2020) dalam upaya mengantisipasi virus tersebut di Kabupaten Kutai Barat.

Beritakubar.com, Kutai Barat – Setelah beberapa hari lalu berkoordinasi dengan Bandara Melalan Kutai Barat dalam mengadakan pemeriksaan penumpang. Kali ini Dinas Kesehatan Kubar juga mengambil langkah untuk bisa mencegah dan mengantisipasi Covid-19 (virus corona) terjadi di Kutai Barat. Dengan menggelar rapat koordinasi yang dilaksanakan di ruang diklat gedung perkantoran Bupati Kubar, Jumat (6/3/2020).

Dalam rapat tersebut, seluruh instansi dan juga beberapa perwakilan perusahaan mendukung penuh untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Yakni dalam waktu dekat sepakat untuk mengeluarkan surat edaran untuk masyarakat dalam mewaspadai dan mengantisipasi wabah virus ini berkembang setelah mendapat persetujuan Bupati Kutai Barat.

“Hasil rapat hari ini bahwa kita sepakat untuk mengeluarkan surat edaran agar waspada akan virus ini. Yang mana nanti akan kita bagikan juga brosur/leaflet mengenai gejala yang mungkin timbul serta bagaimana cara mencegahnya. Sehingga masyarakat bisa mengerti dan paham dan tidak menimbulkan kepanikan. Jadi tindakan kita lebih kepada upaya promotif dan preventif,” kata Kepala Dinkes Kubar, dr Rita Sinaga didampingi Sekretaris Dinkes Kubar, Barnabas SKM, Jumat (6/3/2020).

Selain itu disepakati juga setelah rapat ini untuk membentuk tim lanjutan yang akan menangani hal teknis seperti pembuatan SOP, pembentukan Tim Gerak Cepat, sistem rujukan dan juga simulasi penanganan. 

Walaupun beberapa hal teknis masih akan dibuat lebih lanjut namun kegiatan yang sudah dilaksanakan sekarang ini seperti sosialisasi dan pemeriksaan khususnya di Bandara Melalan akan terus menerus dilakukan.

“Kegiatan yang sudah berjalan sekarang masih terus dilakukan, lagipula kita sudah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari alat pemeriksaan, ruangan dan juga ada RS yang sudah ditunjuk di Kaltim untuk proses rujukan. Kita berharap di Kutai Barat jangan sampai ada, kalaupun memang nanti ada yang suspect, ya kita sudah siap menanganinya,” tutupnya. (mad)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Waspadai Covid-19, Gelar Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan

Terkini

Topik Populer