terkini

Tahun Ini SMKN 1 Bongan Gelar USBK dan UNBK Perdana

Kamis, 05 Maret 2020, 8:45:00 AM WIB Last Updated 2020-03-05T00:45:12Z
Para pelajar SMKN 1 Bongan saat mengikuti USBK 
Beritakubar.com, Kutai Barat – SMKN 1 Bongan akhirnya tahun ini dapat menggelar Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) dan juga nanti akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk pertama kalinya.

Setelah pada tahun tahun sebelumnya hanya melaksanakan dengan menggunakan kertas pensil, pada tahun 2020 ini baik ujian sekolah maupun ujian nasional bisa dilaksanakan dengan menggunakan komputer.

“Sebelumnya kita sudah lakukan uji coba pelaksanaan ujian ini dengan menggunakan komputer. Sehingga pada pelaksanaan USBK dan UNBK nanti kita sudah siap sepenuhnya,” kata Kepala Sekolah SMKN 1 Bongan, Zulfaidhah melalui Guru Tata Usaha (TU) Aspami Dekky, Rabu (4/3/2020).

Pada bulan Februari 2020 kemarin, SMKN 1 Bongan sendiri telah melakukan uji coba pelaksanaan UNBK dan sempat mengalami kendala di aliran listrik. Namun bisa  teratasi dengan mendapat pinjaman genset dari pemerintah kampung setempat.

Pelaksanaan USBK ini sendiri dilakukan sejak Senin (2/3/2020) hingga Kamis (5/3/2020) dengan jumlah siswa 60 orang. Dan dalam sehari diadakan dua sesi, yakni sesi pertama dari pukul 07.30 – 9.30 wita yang kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua pada pukul 10.00 -12.00 wita.

Adapun jumlah komputer yang dimiliki oleh SMKN 1 Bongan sendiri untuk dapat melaksanakan USBK dan UNBK sudah sangat cukup untuk dapat digunakan yakni 34 unit komputer dan dalam keadaan baik.

“Pelaksanaannya berjalan lancar, baik dari server, komputer dan jaringan. Hanya terkendala di listrik saja karena aliran listrik PLN disini baru bisa digunakan pada malam hari. Oleh karenanya kita meminjam genset milik kampung untuk bisa mengoperasikan seluruh komputer yang ada,” tambahnya.

Dari awal pelaksanaan USBK ini ada 1 orang siswa yang tidak dapat mengikuti jalannya pelaksanaan ujian. Namun pada Rabu (4/3/2020) sudah bisa mengikuti kembali USBK ini dan nantinya akan dijadwalkan mengikuti ujian susulan. Yang mana rencananya ujian susulan tersebut akan dilaksanakan pada hari Jumat (6/3/2020).

“Terlepas dari adanya salah satu pelajar yang tidak bisa mengikuti USBK ini dari awal. Pelaksanaan USBK sejauh ini sudah cukup sukses digelar. Dan kita optimis untuk pelaksanaan UNBK yang rencananya digelar pada pertengahan bulan Maret ini juga akan sukses untuk pertama kalinya di SMKN 1 Bongan,” pungkasnya. (mad)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tahun Ini SMKN 1 Bongan Gelar USBK dan UNBK Perdana

Terkini

Topik Populer