terkini

Siap Tampil di Indonesian Fashion Week, Dekranasda Bekali Keahlian Perajin Sarut

Lukman Hakim
Rabu, 04 Maret 2020, 2:37:00 PM WIB Last Updated 2020-03-04T06:39:33Z
BANTUAN : Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan (dua kanan) didampingi Wakil Ketua Isdalena (dua kiri) dan Ketua Harian Kresensia Rikam (kiri) menyerahkan bantuan berupa mesin jahit dan lainnya kepada Kasi Pendidikan dan Kesehatan Kantor Camat Damai Severa Ernesta, baru-baru ini. (Dok/Noe)

Beritakubar.com, Kutai Barat – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kubar terus berupaya membekali para perajin, baik dalam hal teknis, wawasan, kepercayaan diri untuk berkreasi dan berinovasi meningkatkan kualitas produk-produk lokal. Diantaranya, kerajinan sarut (menjahit). Dengan harapan agar perajin bisa menghasilkan karya yang kompetitif, berdaya saing dan bisa meraih pasar.

Dengan demikian, tentu dapat meningkatkan kesejahteraan para perajin. Hal ini dikatakan  Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan, pada pembinaan dan pelatihan perajin sarut, di Kantor Kepala Kampung Damai Kota, Kecamatan Damai, baru-baru ini. 

FOTO BERSAMA : Jajaran Dekranasda Kubar pada kegiatan pembinaan dan pelatihan perajin sarut, di Kantor Kepala Kampung Damai Kota, Kecamatan Damai.
Istri orang nomor satu Kubar itu mengungkapkan, salah satu cara meningkatkan kualitas dan promosi hasil kerajinan tersebut, Dekranasda melakukan kerjasama dan berkolaborasi dengan para desainer. Salah satunya, mendatangkan Fanti Wahyu Nurvita selaku Desainer dan Owner Butik Hesandra Indonesia dari Jakarta. “Dengan tujuan, bagaimana mendesain dan mengemas produk sarut ini menjadi lebih bagus, menarik, nyaman ketika dikenakan dan berdaya saing. Baik untuk usia anak-anak dan remaja,”ungkapnya.

Program kedepan, ujar dia, menggandeng desainer untuk mengangkat kerajinan sarut, di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) April 2020 mendatang. Hal ini sebagai langkah awal di ajang IFW nanti. Sedangkan desainer yang akan mendesain materi yang berbahan produk Sarut. Para perajin diharapkan terus semangat dan berinovasi untuk menghasilkan produk yang lebih baik lagi,”ucapnya. (man)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Siap Tampil di Indonesian Fashion Week, Dekranasda Bekali Keahlian Perajin Sarut

Terkini

Topik Populer