terkini

RS Pratama Akan Disulap Jadi Rujukan Pasien Virus Corona di Kubar

Lukman Hakim
Selasa, 24 Maret 2020, 11:22:00 PM WIB Last Updated 2020-03-24T15:22:56Z
AKAN DISULAP : Lama tak terdengar kabarnya, kini Rumah Sakit Pratama yang berada di Kecamatan Linggang Bigung, akan beroperasi untuk penanganan pasien covid-19 di Kutai Barat. (Dok/Lukman)

Beritakubar.com, Kutai Barat - Gugus Satgas penanggulangan covid-19 atau virus Corona melakukan rapat di Ruang Diklat Kantor Bupati Kubar, Selasa (24/3/2020). Dalam rapat yang dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kubar, Yacob Tullur tersebut, sejumlah langkah dalam penanggulangan pun diambil.

Di antaranya adalah menyiapkan sarana kesehatan untuk penangan virus yang tengah menghebohkan dunia itu. Sarana kesehatan yang dipersiapkan adalah Rumah Sakit Pratama yang terletak di Kecamatan Linggang Bigung.

Mengingat jumlah kasus covid-19 di Kaltim kian meroket. Langkah tersebut di ambil sebagai antisipasi penyebaran virus corona di Bumi Tanaa Purai Ngeriman. "Mulai besok (Rabu 25 Maret 2020) bangunan Rumah Sakit Pratama di Bigung akan direnovasi, khusus untuk pasien corona di Kubar," kata Yacob Tullur, kepada awak media, usai rapat di dampingi Kepala Dinas Kesehatan Kubar, Ritawati Sinaga.

Suasana rapat tim Gugus Satgas Penanggulangan Covid-19 di Kubar. 

Alasan dipilihnya RS Pratama tersebut, kata dia adalah tidak lain untuk memanfaatkan bangunan rumah sakit yang belum dioperasikan tersebut. "Kondisinya juga cukup memadai untuk digunakan," jelas mantan Kepala Dinas Sosial Kubar itu.

Selain itu, ia menambahkan, bahwa saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Harapan Insan Sendawar (HIS) merupakan rumah sakit rujukan, yang didalamnya banyak terdapat pasien dengan berbagai penyakit yang membutuhkan perawatan medis.

“Ini tidak boleh disatukan. Makanya diputuskan untuk memfungsikan RS Pratama di Linggang Bigung itu dan kita patut bersyukur hingga saat ini warga Kubar belum ada yang tertular virus tersebut,” imbuhnya. (man)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RS Pratama Akan Disulap Jadi Rujukan Pasien Virus Corona di Kubar

Terkini

Topik Populer