terkini

Raih Peringkat Empat, Dispora Kubar Siap Jalankan Program Pengembangan Oltrad

Selasa, 03 Maret 2020, 9:37:00 PM WIB Last Updated 2020-03-03T13:37:43Z
Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kubar, Alkatib (berdiri dua dari kiri) saat berfoto bersama Kepala Desa Bendang Raya, Muhamadin (tengah) saat mengikuti lomba Begasing dan Belogo dan berhasil meraih peringkat empat. (Istimewa)
Beritakubar.com, Kutai Barat – Usai mewakili Kutai Barat dalam mengikuti Lomba Begasing dan Belogo yang dilaksanakan beberapa hari lalu di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara dalam rangka hari jadi Desa Bendang Raya. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kubar yang membawa komunitas Begasing Kutai Barat ini akan sesegera mungkin menjalankan beberapa program yang sudah dipersiapkan guna mengembangkan Olahraga Tradisional (Oltrad) di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Kita sempat mengikuti lomba bebebrapa waktu lalu di Tenggarong dan berhasil dapat peringkat empat saja di lomba Belogo. Tentunya banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa kita ambil dari sana untuk bisa dikembangkan di Kutai Barat. Beberapa program pun sudah kita persiapkan untuk mengembangkan Oltrad ini,” kata Kabid Pembudayaan Olahraga, Alkatib pada Senin (2/3/2020) kemarin.

Adapun beberapa program yang akan dijalankan oleh Dispora Kubar diantaranya adalah sosialisasi akan Oltrad yang dilakukan di semua kecamatan dan juga sekolah sekolah. Seperti yang sudah dilakukan beberapa kali di Kecamatan Barong Tongkok. Selain itu akan mengadakan lomba beberapa cabang Oltrad baik ditingkat kampung/kecamatan maupun sekolah sekolah.

“Dengan adanya lomba lomba seperti ini kita harapkan kedepannya akan tercipta komunitas komunitas pecinta Oltrad seperti yang ditemui dibeberapa daerah. Dengan adanya komunitas tersebut sangat mendukung kemajuan dan keberadaan Oltrad ditengah masyarakat dan juga perkembangan jaman serta teknologi ini,” tambahnya.

Ada beberapa cabang olahraga tradisional yang selama ini mulai tergerus oleh perkembangan jaman dan teknologi. Untuk itu diperlukannya kesadaran kita sebagai masyarakat untuk tetap menjaga dan melestarikan cabang olahraga tradisional ini. Sebagai warisan luhur yang memiliki nilai kebudayaan dan kearifan lokal masyarakat. (mad)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Raih Peringkat Empat, Dispora Kubar Siap Jalankan Program Pengembangan Oltrad

Terkini

Topik Populer