terkini

Pengawasan Bandara Melalan Diperketat

Lukman Hakim
Rabu, 04 Maret 2020, 6:53:00 PM WIB Last Updated 2020-03-04T10:53:58Z

DIPERIKSA : Sistem pengawasan di Bandar Udara Melalan, Sendawar, Kutai Barat diperketat. Nampak petugas Dinas Kesehatan Kubar memeriksa penumpang yang tiba maupun berangkat.  

Beritakubar.com, Kutai Barat – Teror virus mematikan Corona semakin mendekat. Indonesia sudah menjadi korban penyebaran virus asal Wuhan Cina itu. Bahkan di Kaltim, empat warga Kota Balikpapan terindikasi virus tersebut. Dinas Kesehatan Kubar gerak cepat mencegah penyebaran virus ke Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Pantauan media ini di lapangan, Selasa (3/3), pintu masuk Bandara Melalan, Sendawar diperketat dengan pemeriksaan kesehatan kepada penumpang oleh petugas kesehatan setempat bekerjasama dengan pihak bandara. Pemkab Kubar telah mengeluarkan surat edaran tentang pemberian informasi kewaspadaan kasus infeksi virus corona (2019-nCoV).

Kepada awak media, PLH Kabandara Melalan, Aulia Mukti Negara mengatakan, setiap penumpang datang maupun berangkat diperiksa menggunakan alat deteksi covid-19 oleh petugas bandara dan Dinas Kesehatan Kubar. “Semua penumpang kita (petugas, Red) kawal hingga ke pesawat,” ujar Mukti, di ruangannya kemarin (4/3).

Kepala Dinas Kesehatan Kubar Rita Sinaga memastikan, hingga kini belum ada warga terindikasi virus mematikan tersebut. Melalui surat edaran disebarkan, diharap agar dipahami dengan baik. Tetap tingkatkan kesehatan tubuh dan tidak panik. “Kami Dinkes terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat dengan cara membuat surat edaran,” terangnya.

Menurutnya, kewaspadaan terhadap virus corona tetap ditingkatkan. Namun, masyarakat Kubar tidak panik berlebihan. Ia pun mengingatkan untuk berprilaku hidup bersih. “Hal yang paling penting adalah jika ada gejala virus corona langkah pertama lakukan pemeriksaan diri ke tempat pelayanan kesehatan terdekat, seperti Puskesmas. Biasakan cuci tangan dengan sabun sebelum makan untuk menjaga kebersihan,” ujarnya mengingatkan.

Untuk diketahui, empat warga Kota Balikpapan yang menjadi pasien di ruang isolasi itu masih berstatus suspect atau belum dinyatakan positif terjangkit virus corona. (man)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengawasan Bandara Melalan Diperketat

Terkini

Topik Populer