terkini

Masker di Kutai Barat Mulai Sulit di Dapat

Minggu, 08 Maret 2020, 8:55:00 AM WIB Last Updated 2020-03-08T00:55:12Z
Illustrasi. (Istimewa)

Beritakubar.com, Kutai Barat – Kasus virus corona yang saat ini mendunia sangat berdampak terhadap penjualan masker yang digunakan masyarakat. Hampir sama seperti yang terjadi didaerah lain, penjualan masker di Kutai Barat juga mengalami peningkatan baik dari harga maupun jumlahnya. Bahkan saat ini masker pun agak sulit didapatkan karena beberapa apotek yang ada juga mengalami kekosongan stok.

“Sudah hampir seminggu ini kosong, kapan hari juga ada orang yang ingin beli masker bahkan ingin beli sampai 10 kotak/dus. Ada berbagai alasan yang disampaikan, ada yang bilang untuk dikirim ke Hongkong lah, Jakarta dan sebagainya. Kalau pun dipakai pribadi, saya rasa tidak perlu sampai membeli sebanyak itu,” kata pegawai salah satu apotek di Barong Tongkok, Yulia, Jumat (6/3/2020).

Dikatakan oleh pegawai apotek lainnya bahwa harganya sudah tidak lagi seperti harga normal sebelumnya. Sehingga memang lebih memilih untuk tidak memesan pembelian masker untuk sementara waktu. 

“Selain harganya mulai naik, nanti kalau dijual juga akan bertambah naik. Kita tidak ingin hal itu terjadi dan membebankan masyarakat,” tambah Yuni pegawai apotek lainnya.

Sementara itu, melalui Sekretaris  Dinas Kesehatan Kutai Barat, Barnabas SKM bahwa untuk masker sendiri di gudang farmasi Kutai Barat masih cukup banyak. Namun ini tidak dibagikan gratis tetapi kepada lebih kepada puskesmas puskesmas. Dan juga mengatakan terkait virus corona ini, hendaklah masyarakat juga tidak usah terlalu panik.

“Waspada iya, tetapi jangan panik. Penggunaan masker tersebut sebenarnya disarankan bagi orang yang sedang mengalami sakit agar tidak menularkan ke orang yang sehat seperti bersin dan batuk. Dan juga biasanya dipakai oleh tenaga kesehatan saat memeriksa pasien.” terangnya.

Dalam menghadapi virus corona yang terus marak diberitakan dirinya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat terutamanya Kutai Barat. Bahwa dalam mencegah timbulnya virus corona ini diharapkan masyarakat selalu melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kalau ini dilaksanakan tentunya dapat mencegah virus atau penyakit apapun untuk masuk ke dalam tubuh.

“Kalau sudah melakukan PHBS, harusnya tidak usah terlalu panik. Padahal masih banyak penyakit yang jauh lebih berbahaya dari Covid-19 ini, HIV AIDS adalah salah satunya,” pungkasnya. (mad)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masker di Kutai Barat Mulai Sulit di Dapat

Terkini

Topik Populer