terkini

DP2KBP3A Berikan Sosialisasi Bagi Masyarakat Kampung

Minggu, 01 Maret 2020, 3:44:00 PM WIB Last Updated 2020-03-01T07:44:24Z
Kasi Perlindungan Perempuan DP2KBP3A Kubar, Anastasia Bety saat memberikan sosialisasi pada masyarakat Kampung Temula , Kec. Nyuatan tentang perlindungan anak dengan tema pernikahan usia anak, Kamis (27/2/2020) lalu.
Beritakubar.com, Kutai Barat – Beberapa kampung yang ada di Kecamatan Nyuatan meminta Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perindungan Anak (DP2KBP3A) Kubar untuk memberikan sosialisasi terkait dengan perlindungan anak. Yang dimaksudkan guna mencegah adanya tindakan kekerasan kepada anak dan juga meningkatnya angka pernikahan usia anak di Kabupaten Kutai Barat.

Sosialisasi tersebut diberikan di Kampung Awai dan Kampung Temula di Kecamatan Nyuatan yang pelaksanaannya pada hari Rabu (26/2/2020) dan Kamis (27/2/2020).

“Kami menyambut baik akan hal ini karena membuktikan bahwa masyarakat Kutai Barat juga sangat peduli,” kata Kasi Perlindungan Perempuan DP2KBP3A Kubar, Anastasia Bety pada Kamis (27/2/2020).

DP2KBP3A memang juga mengadakan kegiatan sosialisasi namun sifatnya memang agak terbatas. Hanya beberapakali dalam setahun dan tentu saja ini dirasa masih sangat kurang untuk memberikan pemahaman yang bisa diterima oleh masyarakat.

Namun dengan adanya permintaan dari beberapa kampung seperti ini, DP2KBP3A sangat terbuka dan siap untuk melakukan kegiatan tersebut. Bahkan dirinya mempersilahkan kepada masyarakat di kampung kampung lainnya yang ingin dilakukan kegiatan yang serupa guna memberikan perlindungan terhadap anak dan juga perempuan.

“Kami mencoba memberikan pemahaman baik itu kepada para orang tua, remaja dan juga anak anak untuk dapat mencegah tingginya angka kekerasan pada anak dan juga pernikahan usia anak (pernikahan dini) di Kutai Barat,” tambahnya.

Sementara itu, koordinator PPA ID 523 SMIRNA Kampung Temula, Yulia sangat berterima kasih atas kedatangan DP2KBP3A ini di Kampung Temula. Sebab dengan adanya kegiatan ini juga dapat mendukung program mereka dalam pelayanan di masyarakat khususnya pada anak anak. Sebab dari tahun ketahun tidak sedikit dari anak anak yang masih berusia di bawah 20 tahun ini sudah menikah.

“Ya tidak begitu banyak, tapi setiap tahun pasti ada saja. Kebanyakan karena hamil diluar nikah dan kisaran umurnya masih dalam usia sekolah SMP dan SMA. Sangat kita harapkan ini tidak terus terjadi dengan peran serta dari para orang tua serta kesadaran dari para remaja tersebut. Sehingga kami adakan sosialisasi yang bekerja sama dengan DP2KBP3A seperti ini,” tandas Yulia. (mad)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DP2KBP3A Berikan Sosialisasi Bagi Masyarakat Kampung

Terkini

Topik Populer