terkini

Dispora Kubar Ikuti Lomba Oltrad, Jadi Bahan Pembelajaran Kembangkan Oltrad

Minggu, 01 Maret 2020, 4:01:00 PM WIB Last Updated 2020-03-01T08:01:50Z
Komunitas Begasing Kubar yang turut serta dalam lomba oltrad yang diadakan di Desa Bendang Raya, Kec. Tenggarong, Kab. Kukar pada Minggu (1/3/2020). 
Beritakubar.com, Kutai Barat – Komunitas Begasing Kutai Barat yang ada dibawah naungan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kubar mengikuti kegiatan lomba olahraga tradisional begasing dan belogo yang dilaksanakan di Desa Bendang Raya, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Sekitar 18 orang yang tergabung dalam komunitas ini turut serta memeriahkan lomba yang diadakan dalam rangka hari jadi Desa Bendang Raya yang ke 6. Yang berlangsung dari Jumat (28/2/2020) hingga Minggu (1/3/2020).

“Ada 18 orang yang ikut serta dalam lomba ini mewakili Kutai Barat dalam lomba olahraga tradisional belogo dan begasing. Tidak hanya untuk memeriahkan lomba tetapi juga ini sebagai bahan pembelajaran bagaimana kedepannya olahraga tradisional ini dapat juga berkembang di Kutai Barat,”kata Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kubar, Alkatib pada Minggu (1/3/2020).

Dalam lomba tersebut dikatakan oleh Alkatib bahwa untuk cabang oltrad khususnya begasing, Kutai Barat memang masih sangat jauh tertinggal. Disaat semua daerah sudah mulai lebih maju yang dilihat dari alat pendukung dan juga kesiapan serta kecintaan terhadap oltrad ini. Kutai Barat sendiri masih mempunyai banyak titik kelemahan yang memang harus bisa diperbaiki kedepannya agar bisa bersaing dan  berkembang.

“Mulai dari alat alat dan kesiapan sudah memang lebih maju dari Kutai Barat serta kecintaan terhadap oltrad ini sudah tertanam sejak dini. Selain itu banyaknya komunitas juga menjadi pendukung oltrad ini bisa terus berkembang,”tambahnya.

Namun hal tersebut dikatakannya juga akan menjadi pembelajaran untuk kedepan dalam mengembangkan olahraga tradisional di Kutai Barat. Mulai dari memupuk kecintaan oltrad agar bisa menciptakan komunitas yang dapat terus mendukung kelestarian olahraga tradisional ditengah perkembangan jaman dan teknologi.

“Usai kegiatan ini, rencananya kami akan mulai melakukan beberapa program baik di tingkat kecamatan dan sekolah. Sehingga kecintaan terhadap oltrad ini bisa semakin berkembang dan juga dapat melestarikan oltrad khususnya di Kabupaten Kutai Barat. Yang memang butuh bantuan dan dukungan dari Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kutai Barat,” pungkasnya. (mad)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dispora Kubar Ikuti Lomba Oltrad, Jadi Bahan Pembelajaran Kembangkan Oltrad

Terkini

Topik Populer