terkini

Disdagkop dan UKM Gelar Pasar Murah

Lukman Hakim
Kamis, 19 Maret 2020, 12:49:00 AM WIB Last Updated 2020-03-18T16:53:06Z
LEBIH MURAH: Asisten II Setkab Kubar Ayonius menyerahkan paket sembako Secara kepada warga.

Beritakubar.com, Kutai Barat - Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Kubar menggelar pasar murah 2020 dalam rangka menyambut Hari Raya Paskah, di Kampung Muara Bunyut Kecamatan Melak, Senin (17/3).

Bertujuan menjaga kestabilan harga dan membantu masyarakat mendapatkan sejumlah kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Paskah. Adapun komoditas yang dijual di pasar murah, yakni beras medium 5 kg, gula curah, telur ayam, kacang tanah, Sirup, Tepung Terigu, bawang merah, bawang putih, susu kental manis, minyak goreng kemasan, mentega refill, kopi, dan mie instan.

Bupati FX Yapan dalam sambutan dibacakan Asisten II Setkab Kubar Ayonius menuturkan semoga melalui kegiatan pasar murah dapat mendukung stabilitas harga kebutuhan bahan pokok masyarakat dan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya sebagai wujud perhatian dari Pemerintah terutama dalam menyambut Perayaan Hari Besar Keagamaan seperti Paskah mendatang.

Selanjutnya kegiatan pasar murah merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas terkait untuk mengantisipasi lonjakan harga menjelang peringatan hari besar keagamaan. Oleh karenanya dalam kegiatan yang didasarkan oleh Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015 Tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting dan Surat Keputusan Bupati Kutai Barat Tanggal 15 November Tentang Pengesahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran DPA-SKPD Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kubar

Secara khusus Bupati juga  mengimbau dan menyampaikan pesan kepada dinas atau badan terkait, camat serta petinggi, agar dapat turut berperan untuk mendukung agar distribusi barang lancar dan terkendali sehingga stok barang dapat terjaga kestabilannya. “Jangan sampai ada yang menimbun. Pantau terus pemenuhan kebutuhan pasar dan masyarakat. Awasi alur ekonomi pasar agar situasi tetap kondusif,” pinta Bupati.

Bupati juga meminta para pedagang baik skala kecil ataupun besar, kiranya dapat ikut berpartisipasi dalam menunjang ketersediaan barang kebutuhan masyarakat tercukupi, dan tidak menaikkan harga diluar perhitungan wajar, serta menghindari tindakan yang bersifat spekulatif karena akan merugikan semua pihak.


Berkaitan dengan wabah yang saat ini menjadi perhatian dunia yaitu virus Corona dibeberapa daerah di Indonesia bahkan di luar negeri telah terjadi kepanikan yang menyebabkan barang pasokan diserbu untuk dibeli secara besar-besaran. “Saya pun mengimbau di Kubar  agar masyarakat tetap tenang dan berdoa serta bijak dalam menjaga kesehatan dan melindungi diri serta keluarga dari bahaya virus ini. Langkah pencegahan bisa kita lakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar serta penerapan PHBS akan menciptakan kondisi dimana masyarakat akan tetap hidup dalam kesehatan yang damai dan tenteram,” Imbau Bupati.(man)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Disdagkop dan UKM Gelar Pasar Murah

Terkini

Topik Populer