terkini

Dewan Jawab Kebutuhan Tenaga Medis soal Kekurangan APD

Lukman Hakim
Selasa, 31 Maret 2020, 8:13:00 PM WIB Last Updated 2020-03-31T12:13:26Z

SERAHKAN : Ketua DPRD Kubar Ridwai didampingi Wakil Ketua II DPRD Kubar, H. Aula dan Apung saat menyerahkan bantuan dana untuk kebutuhan perlengkapan APD kepada Ketua IDI Kubar, Andi Ardan, di Ruang Rapat Paripurna Kantor Dewan, Selasa (31/3/2020).

Beritakubar.com, Kutai Barat - Tak bisa dibayangkan, betapa sedihnya perjuangan para tenaga medis sebagai garda depan menangani pasien Covid-19. Kurangnya Alat Pelindung Diri (APD) digunakan para tim medis membuat mereka rentan terpapar virus mematikan tersebut.

Menjawab keresahan para tenaga medis di Kutai Barat (Kubar) dalam menangani pasien yang di duga Covid-19, seluruh anggota DPRD Kubar berinisiatif memberikan bantuan untuk pembelian perlengkapan medis yang digunakan untuk menyelamatkan rakyat dari serangan Virus Corona.

Mewakili segenap anggota dewan, Ketua DPRD Kubar, Ridwai mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk kongkrit kepedulian anggota dewan untuk memenuhi kebutuhan APD yang dikeluhkan para dokter dan tenaga medis di berbagai rumah sakit di tengah ancaman COVID-19.

Bantuan ini juga bentuk solidaritas dan dukungan moril kepada rekan-rekan tenaga medis yang berjuang di garda depan menghadapi Covid-19. Melalui kesepakatan bersama anggota dewan agar melakukan iuran untuk menyalurkan bantuan terhadap para tenaga medis di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

"Kita tahu bahwa kebutuhan APD ini sangat vital dan mendesak untuk segera diadakan, namun apa daya. Ketersediaan APD di pasaran dalam negeri sangat langka, bahkan untuk bisa mendapatkannya pun harus memesan ke luar negeri," kata Ridwai didampingi Wakil Ketua II Aula saat menyerahkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 22 juta kepada Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kubar, dr Andi Ardan di Ruang Rapat Paripurna Kantor Dewan, kemarin (31/3).

Dalam kesempatan itu Ketua IDI Kubar, dr Andi Ardan menyambut baik atas bantuan yang diberikan. Tak ketinggalan, ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas bantuan seluruh jajaran DPRD Kubar.

Menurut dia, pihaknya akan segera mendistribusikan bantuan dibelikan perlengkapan tenaga medis tersebut ke berbagai Rumah Sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya, dalam penanganan virus Covid-19.

Dia juga mengajak anggota dewan berperan aktif dalam melaksanakan dan mengeduksi masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan yang diinstruksikan pemerintah dan tenaga medis mulai dari penerapan jarak sosial dan karantina kesehatan mandiri.

Disamping itu, Bupati Kubar FX Yapan juga telah memutuskan untuk membatasi akses keluar dan masuk Bumi Tanaa Purai Ngeriman. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga Kabupaten Kubar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Data yang dihimpun media ini, pada Senin (30/3), jumlah orang dalam pemantauan sebanyak 133 orang. Sedangkan pasien dalam pengawasan ada 3 orang (selesai pemantauan 1 kasus, 2 dalam proses).
(man)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dewan Jawab Kebutuhan Tenaga Medis soal Kekurangan APD

Terkini

Topik Populer