terkini

Temui Banyak Kendala, Kinerja Disperkimtan Kubar Belum Optimal

Kamis, 27 Februari 2020, 5:33:00 PM WIB Last Updated 2020-02-27T09:33:33Z

Illustrasi
Beritakubar.com, Kutai Barat   Uji coba penerapan penarikan retribusi sampah yang dilakukan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kubar sejak awal bulan Januari 2020 kemarin belum sepenuhnya optimal.

Mengalami keterbatasan kendaraan operasional ditambah juga para petugas yang masih sangat kurang jumlahnya. Selain itu masih banyak masyarakat yang belum tentu mau untuk menerima dan mengikuti penarikan retribusi sampah ini.

“Selain dari kendaraan yang masih sangat terbatas, kami juga masih kekurangan tenaga untuk bisa menerapkan penarikan retribusi sampah ini. Terutamanya untuk tenaga juru pungut yang harus bertugas di tiga kecamatan yang menjadi tempat ujicoba penarikan retribusi sampah, yakni Kecamatan Barong Tongkok, Sekolaq Darat dan Melak,” kata Kabid Kebersihan dan Persampahan Disperkimtan Kubar, Sabransyah.

Untuk petugas juru pungut retribusi ini sendiri baru berjumlah tiga orang yang diambil dari tenaga harian lepas.

Minimnya anggaran juga menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh Disperkimtan untuk bisa tetap menjalankan fungsi dan tugas kewajibannya.

Ditambah juga dengan belum tentu diterimanya penarikan retribusi sampah ini dikalangan masyarakat.

“Meskipun dengan keadaan yang terbatas kami tetap berusaha bekerja dengan optimal. Tentunya apa yang dilakukan ini untuk mengontrol timbunan sampah yang terjadi serta dapat memberikan kesadaran dan kepedulian masyarakat mengenai sampah.  Meskipun dalam pelaksanaan penarikan retribusi sampah ini masih banyak juga masyarakat yang belum tentu mau mengikutinya,” tambah Sabransyah.

Untuk itu, Disperkimtan Kubar rencananya akan terus mensosialisasikan kegiatan agar seluruh masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam mewujudkan Kutai Barat sehat dan bersih dari sampah.

“Kita ingin para pengurus kampung bisa membantu terlaksananya program ini dan bisa dapat bergotong royong untuk membuat beberapa tempat sampah yang sesuai. Dan juga membantu meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat dalam hal kebersihan lingkungan terutamanya mengenai sampah,” pungkasnya. (mad)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Temui Banyak Kendala, Kinerja Disperkimtan Kubar Belum Optimal

Terkini

Topik Populer